Kegiatan CFW Kotaku Bantu Ekonomi Warga Tallo

Kamis, 3 Juni 2021 12:31

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sudah sepekan lebih kegiatan padat karya tunai atau Cash For Work (CFW) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) TA 2021 berjalan di Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan program infrastruktur kerakyatan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dengan melibatkan warga setempat sebagai pelaku pembangunan.

Sasarannya adalah pemeliharaan drainase dan rehab jalan yang sebelumnya dibangun melalui program PNPM dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2016.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam membantu kesulitan ekonomi yang dihadapi warga di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) A’Bulosibatang Kelurahan Tallo, Hasanuddin, kegiatan CFW telah bejalan sejak tanggal 20 Mei 2021, dan telah memperlihatkan progres sekitar 40 persen.

“Sejauh ini sudah dilakukan pengangkatan sedimen di tiga RW yang menjadi lokasi kegiatan, perbaikan ringan drainase juga sudah, tinggal pelantaian dasar drainase yang rusak,” ujar Hasanuddin, Kamis (3/06/2021).

Selain itu, kegiatan yang ditangani oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sombere’ Kelurahan Tallo ini juga sementara mengerjakan penambalan untuk beberapa titik jalan yang rusak.

Sesuai target, kegiatan akan selesai dalam waktu 60 hari pengerjaan dengan progres 100 persen.

“Kita usahakan secepatnya bisa selesai semua, baik dan tepat sesuai anjuran, agar LPj (Laporan Pertanggungjawaban) juga bisa selesai dalam waktu 60 hari dari awal pengerjaan,” tuturnya.

Hasanuddin mengungkapkan, warga sejauh ini merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan CFW. Upah pekerja senilai Rp115 ribu per hari telah banyak membantu memenuhi kebutuhan hidup para pekerja.

Besaran upah diambil dari total anggaran kegiatan sebesar Rp300 juta dari Kementerian PUPR.

Komentar

VIDEO TERKINI