Pemda Luwu Utara Gelar Musrenbang RPJMD 2021-2026

Kamis, 3 Juni 2021 18:04

IST

Fajar.co.id, Luwu Utara — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021 – 2026, Kamis (3/6/2021) di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.

Musrenbang RPJMD dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan dihadiri Wakil Bupati Suaib Mansur, unsur Forkopimda, Anggota DPRD Amir Machmud yang juga Ketua Pansus RPJMD Kabupaten Luwu Utara 2021 – 2026, para Kepala Perangkat Daerah, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Organisasi Profesi serta LSM lainnya.

Musrenbang RPJMD adalah satu rangkaian proses penyusunan RPJMD 2021 – 2026, yang merupakan acuan dasar pelaksanaan program pembangunan 5 tahun ke depan. Pelaksanaan Musrenbang RPJMD adalah tahapan keempat penyusunan Perda RPJMD.

Bappeda sebagai leading sector, dibantu stakeholder lainnya, telah melewati 3 tahapan, yaitu pelaksanaan forum konsultasi publik, pembahasan rancangan awal untuk memperoleh kesepakatan DPRD, dan konsultasi Gubernur untuk mendapatkan masukan demi penyempurnaan rancangan awal dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrenbang RPJMD adalah sesuatu yang sangat penting bagi pemerintah daerah karena RPJMD ini nantinya akan menjadi acuan pemerintah daerah dalam pelaksanaan program prioritas pembangunan daerah untuk lima tahun ke depan.

“Saya berharap kita semua fokus dalam menyelesaikan secara bersama-sama penyusunan RPJMD ini. Karena sebagus apapun visi dan misi, serta program prioritas yang sudah kita susun bersama, tapi kalau tidak memiliki keselarasan, akan mengalami kendala dalam penyelenggaraannya,” kata Indah kepada seluruh Perangkat Daerah Lingkup Pemda Luwu Utara.

Komentar

VIDEO TERKINI