Sepanjang 2021, Imigrasi Sulsel Terbitkan 6677 Paspor

Jumat, 4 Juni 2021 15:07

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel Dodi Karnida mengatakan capaian kinerja Imigrasi Sulsel pada kuartal awal (Januari-Mei) Tahun 2021 berhasil menerbitkan paspor sebanyak 6.677 buah.

“Penerbitan paspor ini sebagian dilakukan melalui Pelayanan Eazy Paspor atau Paspor Simpatik yang dilaksanakan oleh tiga Kanim di Sulsel diantaranya Kanim Makassar, Parepare dan Palopo termasuk di Unit Layanan Paspor Kanim Makassar.” Kata Dodi, Jumat (04/06).

Jika dirincikan, menurut Dodi Kanim Makassar telah menerbitkan sebanyak 3103 paspor, Unit Layanan Paspor Kanim Makassar sebanyak 1198 Paspor, Kanim Parepare sebanyaj 927 paspor dan Kanim Palopo sebanyak 1449 Paspor.

Kadiv Keimigrasian Dodi Karnida juga mengatakan, layanan kemudahan permohan paspor (Eazy Paspor yaitu petugas yang mendatangi kelompok pemohon) selama 2021 ini telah dilakukan 8 kali. “Kami akan terus lakukan layanan paspor kepada masyarakat. Walaupun Pandemi, Imigrasi Sulsel akan terus berikan layanan terbaik ke Masyarakat. Pelayanan eazy paspor ini juga menjadi Target Kinerja Divisi Keimigrasian Sulsel,” Terang Dodi.

Dalam waktu dekat kata Dodi, Kanim Makassar juga akan berikan Layanan Eazy Paspor di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

Terkait kendala dan penurunan kuantitas penerbitan paspor, Dodi mengatakan bahwa ini menurun karena dipengaruhi pandemi COVID-19 di mana beberapa negara di dunia menutup pintu masuk maupun membatasi penduduknya untuk melakukan perjalanan antar negara,” Lanjut Dodi.

Dodi juga menegaskan pihaknya senantiasa memberikan pelayanan keimigrasian dari Sumber Daya Manusia (SDM), Standard Operating Procedure (SOP) dan teknologi yang berbeda dengan imigrasi lainnya.

“Kanim makassar Misalnya yang saat ini telah berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Tahun 2020 lalu memiliki banyak inovasi layanan yang tujuannya mendekatkan Keimigrasian ke Masyarakat seperti Kaisar Mandala yaitu Kanim Makassar Melayani (paspor pada ) Hari Libur Anda” Ungkap Dodi.

Komentar

VIDEO TERKINI