Sarana Protokol Kesehatan, Dosen Unismuh Makassar Hadirkan Wastafel Portabel di Sejumlah Lokasi

Minggu, 6 Juni 2021 14:21

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tim Pelaksana PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dari Universitas Muhammadiyah Makassar yang terdiri atas Citra Amalia Amal ST MT, Siti Fuadillah A. Amin ST MT, dan Khilda Wildana Nur ST MT, melakukan rancang bangun ASTER (Wastafel Portabel) sebagai sarana protokol kesehatan di SD/SMA Muhammadiyah 3 Kota Makassar yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo No. 37 Kecamatan Panakkukang.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka pada bulan Juli 2021 mendatang. Pelaksanaan kegiatan tersebut mulai berlangsung sejak Mei hingga Juni 2021.

Proses rancang bangun ASTER (Wastafel Portabel) melalui beberapa tahapan yaitu proses desain dan proses pembuatan. Proses desain ASTER didasarkan atas beberapa pertimbangan. Pertama, kondisi bangunan eksisting SD/SMA Muhammadiyah 3 Makassar yang tidak memungkinkan untuk dibuat di area koridor yang sempit dan akan membuat antrian menumpuk sehingga sulit untuk menerapkan physical distancing. Kedua, terbuat dari material yang kuat dan tahan lama. Ketiga, keran dan wadah sabun menggunakan sistem non sentuh (touchless). Keempat, desain yang menarik agar peserta didik bersemangat untuk menerapkan Protokol Kesehatan.

Tahapan pembuatan ASTER dengan memanfaatkan drum stainless steel bekas layak pakai yang bagian dalamnya dilengkapi sistem pemipaan air bersih dan pembuangan air kotor, kemudian dilakukan pewarnaan dengan teknik duco dan pemasangan sticker berisi pesan ‘Ayo Cuci Tangan’. Pemilihan warna dan pesan yang tersurat pada wastafel portabel tersebut tidak lepas dari masukan Kepala Sekolah dan guru di SD/SMA Muhammadiyah 3 Kota Makassar selaku mitra PKM.

Tidak hanya wastafel portabel, Tim Pelaksana PKM juga melakukan pemasangan hand sanitizer pada dinding-dinding kelas dan lokasi strategis lainnya, penyediaan alat pengukur suhu tubuh atau dikenal dengan istilah thermogun, dan penyediaan cairan disinfektan yang efektif membunuh virus dan bakteri, serta dapat digunakan untuk menyemprot ruangan, halaman, maupun furniture dan lantai.

Komentar

VIDEO TERKINI