Jelang Sekolah Tatap Muka, Disdik Makassar Turunkan 200 Verifikator Prokes di Sekolah

  • Bagikan

Terakhir, memastikan seluruh guru dan tenaga pendidikan sudah dilakukan vaksinasi.

"Masih banyak komponen lain, tapi intinya itu ada 46 listing yang harus diverifikasi, yang disediakan oleh verifikator," terangnya

Untuk memudahkan tim verifikator, Disdik telah membekali mereka dengan aplikasi. "Kami bekali merek dengan aplikasi, untuk memudahkan melakukan ceklist 46 indikator, itu yang harus dipenuhi oleh sekolah untuk boleh melaksanakan sekolah tatap muka," kata Nielma.

Namun, Nielma menjelaskan jika pembelajaran tatap muka, juga harus meminta persetujuan dari orang tua siswa.

"Itu masuk ke indikator resiko, kami ingin anak - anak yang masuk ini sehat. Kalau tidak sehatkan beresiko. Jadi pernyataan orang tua itu untuk memastikan anaknya sehat," jelasnya

Sehingga, orang tua siswa berhak untuk menolak untuk mengikutkan anaknya dalam pembelajaran luring.

"Iya itu semua orang tua yang tahu, bukan guru. Apalagi sudah satu tahun tidak bertemu," ucapnya.

Lanjut Nielma, untuk memastikan kesehatan siswa, pihak Pemerintah Kota Makassar akan melakukan testing kepada siswa sebelum mereka masuk belajar.

"Dari program Makassar Recover, pak walikota memiliki program untuk testing terhadap siswa yang akan masuk belajar tatap muka, dengan test antigen. Sudah disiapkan sekitar 300 ribu alat antigen, untuk disiapkan kepada anak anak," katanya.

Ia pun menerangkan, jika bisa atau tidaknya suatu sekolah melakukan pembelajaran tatap muka, tergantung dari hasil verifikasi.

Sehingga ia mengimbau agar tim Verifikator tetap berintegritas dalam menjalankan tugasnya, jika memang belum memenuhi syarat.

  • Bagikan