FAJAR.CO.ID -- Kamis, 10 Juni 2020 Universitas Negeri Malang mengadakan 4th Series of National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) 2021.
Pada seminar ini, dosen Program Studi Perhotelan mengirimkan tiga artikel ilmiah dan ketiganya dinyatakan lolos dan akan diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 4.
Setelah pemateri memberikan pemaparan, panitia mengumumkan pemenang artikel terbaik. Salah satu artikel yang dikirimkan berhasil meraih predikat artikel terbaik ke-2 dengan judul Popularitas TikTok dan Implementasi AISAS Model pada Komunikasi Pemasaran Melalui TikTok. Artikel ini ditulis oleh Nila Sartika Achmadi, S.M.B., M.M. dan Anggun Sari Sasmita, S.ST.Par., M.Par.
“Kami memilih membahas mengenai popularitas TikTok karena TikTok telah meraih predikat sebagai aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak pada tahun 2020. Melihat data dari Apptopia, jumlah unduhannya mencapai 850 juta kali. Berdasarkan data dari Juli hingga Oktober tahun 2020, TikTok memperoleh tambahan 14,3 juta pengguna aktif setiap bulan. Apabila pertumbuhan ini terjadi secara konsisten hingga 13 bulan yang akan datang, maka TikTok diperkirakan akan memperoleh lebih dari satu milyar pengguna aktif di seluruh dunia. Aplikasi ini memperoleh predikat “Highest Grossing App” atau aplikasi yang memiliki nilai keuntungan paling tinggi menurut Apptopia,” ungkap Nila yang merupakan penulis satu dari artikel ini.
Di tempat yang berbeda, Anggun menyatakan bahwa sudah banyak merek-merek asli Indonesia yang meraih keberhasilan melakukan aktivitas komunikasi pemasaran melalui TikTok.