Petugas Puskesmas Sinjai Dibekali Kemampuan Identifikasi Penyakit Kusta

Senin, 14 Juni 2021 21:55

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Dalam upaya menanggulangi penyakit Kusta di wilayah Kabupaten Sinjai, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai melaksanakan orientasi program penanggulangan penyakit (P2) kusta bagi petugas puskesmas tingkat Kabupaten Sinjai.

Orientasi yang berlangsung di Aula Pertemuan Hotel Rofina resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, Senin (14/6/2021).

Dia mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya orientasi program penanggulangan penyakit Kusta agar petugas dokter dan tenaga kesehatan (nakes) mampu mengidentifikasi yang mengarah pada penyakit kusta kemudian ditindak lanjuti dengan beberapa tes untuk menunjang diagnosa.

“Jadi kita ingin lebih meningkatkan lagi kemampuan dari para petugas untuk menjaring pasien-pasien Kusta yang ada dibawah. Dengan harapan ke depan atas peran kita bersama semoga kita dapat mengeliminasi kusta,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa, untuk menjaring pasien pihaknya menugaskan tenaga kesehatan di masing-masing wilayah puskesmas.

“Upaya yang dilakukan kita harus menemukan penyakit kusta, sehingga kita bisa obati, karena dengan mengobati pasien lebih awal atas kecacatannya bisa kita tekan dan penyebarannya juga bisa kita atasi,” ujarnya.

dr. Emmy berharap pertemuan ini dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang terlatih dan berkualitas yang dapat meningkatkan deteksi dini sehingga target eliminasi kusta pada 2024 dapat tercapai.

“Semoga mereka dapat mengambil ilmu dari pertemuan ini sehingga nanti bisa diterapkan di lapangan supaya target eliminasi 2024 bisa tercapai,” kata dia.

Orientasi pertemuan yang diikuti dokter poli, pengelola program dan pendamping atau kader kesehatan, menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel. (sir/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI