Tingkatkan Mutu Mahasiswa, Prodi BSI dan PBSD UNM Kompak Workshop Kurikulum

Selasa, 15 Juni 2021 14:28

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Upaya meningkatkan lulusan yang bisa berterima di dunia usaha dan dunia industri sebagai langkah merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi, Prodi Bahasa dan Sastra Indonedia (BSI) dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) kompak melaksanakan workshop kurikulum di Ruang Senat Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Selasa (15/6/2021).

Ketua Prodi BSI, Dr Nensilianti, menuturkan kegiatan ini melibatkan sejumlah alumni, pengguna, hingga praktisi menjadi pembicara untuk berbagi pengalaman dan informasi terkait kebutuhan, tantangan, dan harapan terhadap layanan akademik.

“Target dan arahan materi ini adalah tersedianya kurikulum Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dapat di implementasikan secara berkelanjutan berdasarkan pengalaman mereka yang telah sukses di luar,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Ketua Prodi PBSD, Dr Hajrah menjelaskan workshop tersebut merupakan momentum untuk merancang kurikulum yang adaptif sesuai kebutuhan zaman.

“Karena pada dasarnya, konsep kampus merdeka ini adalah memberikan mahasiswa peluang belajar tidak hanya di lingkup universitas saja, akan tetapi juga dapat belajar di lingkungan masyarakat, desa, tempat kerja, juga lingkungan industri,” pungkasnya.

Sementara itu, Dekan FBS, Prof Syukur Saud, dalam sambutan menjelaskan kiranya penyusunan kurikulum ini menghadirkan kebijakan yang mampu membawa perubahan kampus kita yg tadinya belajarnya di formulasikan sedemikian ketat, kita beri kebebasan kepada mahasiswa kita untuk merdeka belajar dan kampus merdeka.

“Kurikulum ini diharapkan agar mahasiswa jadi unggul dan berkompetensi yang dibutuhkan oleh stakeholder, kurikulum ini dibuat menyesuaikan kebutuhan stakeholder,”ungkap Dosen Bahasa Jerman ini.

Workshop peninjauan kembali (reorientasi) dan penyempurnaan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) berbasis Outcomes Based Education (OBE) dilaksanakan selama tiga hari, yakni 15-17 Juni mendatang. Adapun rangkaian agenda yang dilakukan seperti berbagi pengalaman alumni dan pengguna, pengembangan kurikulum MBKM Prodi, peninjauan dan perumusan kurikulum hingga penyusunan implementasi hak belajar mahasiswa dalam program MBKM. (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI