Top 10 Festival Inovasi, LAN RI: Bone Laboratorium Inovasi Nasional

Rabu, 16 Juni 2021 10:58

FAJAR.CO.ID, BONE — Badan Litbangda Kabupaten Bone melaksanakan Bone Inovation Fest 2021 di Ballroom Makkasau, Gedung Yulia, Kota Watampone.

Ada 10 finalis festival inovasi daerah untuk produk kewirausahaan diantaranya Dikawal Bone Inovatornya adalah Dr M Awaluddin, Ocean Food oleh Hamzah, Fungsida Nabati Arkuka oleh Muh Jafar.

Lalu Manggot sebagai alternatif penguraian sampah organik dan pakan komersial oleh Andi Anzari, Andijek oleh Herman, bahan penerengan alternatif ramah lingkungan dari biji pude oleh AM Irfan Asfar, Sanabe oleh Fikhi Andika Roska.

Kemudian Boneture Souvenir oleh Muh Ilham Ridwan, Gula cair dan gula recengan berbahan dasar gula merah tebu oleh AM Iqbal Akbar, dan Briket Magic Multifungsi oleh Hasbi.

Kepala Pusat Litbang KMP LAN RI Makassar A Taufik mengucapkan selamat kepada para inovator Kabupaten Bone yang meluncurkan karya dan pemikirannya. Banyak sekali inovasi tercipta dan menginspirasi daerah lain.

“Sejak 2018 saya menjadi Direktur LAN Makassar. Bone adalah salah satu kabupaten menjadi laboratorium inovasi nasional, dan tidak ada inovasi yang lahir tanpa dukungan pemimpin dan itulah Bapak And Fahsar Mahdin Padjalangi,” katanya kemarin.

Sementara itu Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menuturkan dengan adanya sejumlah inovasi yang dilahirkan perangkat daerah dan masyarakat menjadikan Bone urutan pertama secara nasional kabupaten inovatif.

“Kabupaten Bone urutan pertama secara nasional kabupaten inovatif.Sedikit lagi masuk kabupaten sangat inovatif,” ucapnya.

Hasilnya kata dia, Bone mendapatkan Dana Intensif Daerah (DID) dan juga mendapatkan perhatian serius dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melalui Gemar Limas. Gerakan Masyarakat Lisu Massikola.

Meski begitu kaya bupati dua periode itu, inovasi yang lahir paling penting berdampak langsung kepada masyarakat. “Inovasi pelayanan publik dan wirausahawan muaranya berdampak pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bone,” jelasnya. (agung/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI