Silaturahmi ke Rujab Bupati Bantaeng, Kepala KPPN Kenalkan Aplikasi Minasata

Kamis, 17 Juni 2021 19:26

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Kepala KPPN Bantaeng, Poerfika Agus Bachtiar, beserta tim melakukan silaturahmi ke kediaman Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin tepatnya di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng, Kamis (17/6/2021).

Sebagai kepala kantor baru, Poerfika pada kesempatan tersebut memperkenalkan diri ke Bupati Bantaeng beserta segenap pejabat Kabupaten Bantaeng, dengan harapan dapat terjalinnya kerjasama yang harmonis dan saling mendukung dalam setiap pelaksanaan tugas maupun kegiatan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng dengan KPPN Bantaeng.

Dalam pertemuan tersebut, Poerfika menyampaikan berita mengenai penghargaan terbaik pertama se-Sulawesi Selatan kategori kabupaten kecil atas tata Kelola Dana Desa yang diterima oleh Pemda Bantaeng.

Di samping itu, Poerfika juga menyampaikan DAK Fisik yang telah cair, sampai 17 Juni di Kabupaten Bantaeng baru 2 bidang, bidang Perpustakaan Daerah dan bidang Pertanian Tematik dan Ketahanan Panganan.

“Sedangkan total DAK Fisik yang telah disalurkan sekitar Rp1,9 miliar. Saat ini Pak Bupati, telah terdapat aplikasi Minasata, singkatan dari Monitoring Dana Desa dan Transfer ke Daerah. Aplikasi ini dibuat oleh Kanwil DJPb Sulsel dan telah tersedia di playstore, Pak Bupati. Di aplikasi tersebut, Pemda Bantaeng dapat melihat syarat penyaluran, aturan terbaru, serta kinerja realisasi pemda. Bapak sudah tidak perlu bingung bagaimana memonev dana desa dan DAK Fisik,” papar Poerfika saat menerangkan aplikasi Minasata.

Selain memperkenalkan aplikasi Minasata, Poerfika juga menyampaikan kerjasama yang dapat dilakukan antara Pemda Bantaeng dengan DJPb Sulsel. Kerjasama tersebut rencananya akan diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara DJPb Sulsel dengan Pemda Bantaeng.

Kerjasama ini merupakan representasi dari peran dan fungsi Kementerian Keuangan di daerah, mulai dari pelaksanaan anggaran sampai dengan pelaporan keuangan. Diantaranya, pendampingan laporan keuangan pemda oleh DJPb Sulsel untuk mempertahankan predikat WTP, program yang diadakan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) terkait peminjaman untuk kredit ultra mikro, serta koordinasi dan komunikasi terkait program-program yang dapat dikembangkan oleh Pemda Bantaeng.

Komentar

VIDEO TERKINI