Silaturahmi FSKN, Perkuat Budaya Siri’ di Kalangan Bangsawan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Budaya siri' menjadi budaya yang dijunjung tinggi dan diwariskan hingga ke anak cucu.

Namun melihat keadaan saat ini, para bangsawan yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Kraton Nusantara (FSKN) merasa perlu untuk menanamkan kembali budaya yang hampir tergerus itu.

Ketua FSKN Sulsel, TM Brigjen Pol A.A Mapparessa mengatakan lewat kegiatan Silaturahmi Pengurus FSKN dengan para bangsawan di Sulsel, para bangsawan membicarakan mengenai fungsinya sebagai gerbang budaya.

Upaya tersebut tak terlepas dari keterlibatan pemerintah dalam mempertahankan nilai nilai budaya Sulsel.

"Forum Silaturahmi Keraton nusantara ini merupakan upaya kami menjadi partner pemerintah baik di pusat hingga daerah," ucapnya kepada FAJAR, Jumat (18/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut dibicarakan bagaimana menjadi benteng adat dan budaya. Pasalnya karena diketahui para bangsawan bertugas merawat budaya.

Melalui forum tersebut pula, dirinya berharap generasi muda juga ikut paham dengan budaya sehingga kedepan budaya dapat diwariskan.

"Kami ingin anak anak kami lebih paham soal budaya si pakatau, si paka inga', sipaka labbiri, sipaka tuna. Ini kalimat sepele tapi jika diaplikasikan sehari hari maka tidak akan ada kasus seperti kriminalitas," pungkasnya.(wis)

  • Bagikan