Gandeng Universitas Sains Malaysia, Pendidikan Sosiologi Unismuh Gagas Pusat Studi Nusantara

  • Bagikan

“Saya usul konkret, agar gagasan Prof Reevany tidak menguap begitu saja. Kita perlu kolaborasi dalam mengkaji isu-isu Nusantara. Misalnya, kita buat Pusat Studi Nusantara. Saya pikir, Unismuh siap menjadi salah satu pusat kajian tersebut, khususnya di Indonesia Timur,” jelas Alumni Program S3 Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini.

Dalam waktu dekat, kata Erwin, kegiatan ini perlu ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama, yang lebih memperkuat kolaborasi riset antar Indonesia-Malaysia, dalam mengkaji kebudayaan Nusantara.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 200 orang peserta, yang merupakan dosen, peneliti, dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tercatat, ada peserta dari luar Sulawesi, seperti dari Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Bengkulu (UNIB), dan Universitas Negeri Surabaya.

Selain itu, ada pula peserta dari Universitas Negeri Makassar, UIN Alauddin, Universitas Muhammadiyah Sinjai, dan kampus lainnya.

Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi Nurdin menyampaikan terima kasih atas kehadiran Prof Reevany memberikan penguatan metodologi riset. “Terima kasih pula atas kehadiran peserta dari berbagai kampus di Indonesia,” kata Nurdin.

Program Studi Pendidikan Sosiologi Unismuh tercatan meraih akreditasi A sejak tahun 2019. Tahun 2021, Unismuh juga telah memperoleh izin Kemdikbud membuka Prodi S2 Pendidikan Sosiologi. Dengan kehadiran prodi tersebut, Unismuh merupakan PTS pertama di Indonesia yang membuka Program Magister Pendidikan Sosiologi. (rls)

  • Bagikan