Budidaya Sayur Kangkung Jadi Skill Baru Warga Binaan di Rutan Makassar

Rabu, 23 Juni 2021 21:34

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Warga binaan di Rutan Kelas 1 Makassar mendapat pengalaman baru. Ada pelatihan cara budidaya sayur kangkung yang digelar di sana. 

Pihaknya menyediakan kebun tersebut meski di tengah lahan kosong yang luasnya terbatas di dalam area Rutan tersebut, yang berada di Jalan Rutan, Kecamatan Rapoccini, Makassar itu. 

Dengan begitu, warga binaan pun sudah punya bekal agar kelak saat ia sudah menghirup udara segar nanti, dia sudah bisa membuka lahan perkebunan dan bisa meningkatkan ekonominya. 

Kepala Rutan Makassar, Sulistyadi, mengatakan, langkah ini merupakan salah satu pembinaan kemandirian bagi warga binaan, yang tentunya akan berguna jika ia sudah bebas kelak. 

“Tahap pertama sebenarnya hanya uji coba, mengingat penanaman dilakukan pada area paving blok yang kemudian kita buat menjadi kebun kangkung. Sekaligus sebagai penghilang rasa jenuh warga binaan di tengah pandemi,” katanya Rabu (23/6/2021). 

Warga binaan ini dibimbing oleh petugas Rutan yang dianggap sangat berpengalaman dalam hal perkebunan. Alhasil, panen sayur kangkung itu pun bisa dirasakan dalam kurun waktu tiga pekan. 

Hasil panen pun dijadikan sebagai bahan makanan bagi warga binaan di sana. Hasilnya itu pun sangat dinikmati oleh warga binaan, atas hasil keringatnya sendiri dalam budidaya sayur kangkung. 

“Alhamdulillah hasilnya cukup baik. Rencananya untuk hasil perdana kali ini akan diolah di dapur menjadi santap bersama warga binaan. Tidak menutup kemungkinan ke depan akan kami tingkatkan lagi dan menambah varian sayuran lain untuk ditanam,” jelas Kepala Urusan Umum Rutan Kelas 1 Makassar, Muh. Syafruddin Achmad. 

Sementara itu, Amir, salah satu warga binaan yang dipekerjakan dalam kegiatan pembinaan bercocok tanam ini, mengaku senang karena ini merupakan kali pertama untuk melakukan proses penanaman sampai dengan panen. 

Komentar

VIDEO TERKINI