Deteksi Kanker Serviks, Tim Penggerak PKK Gelar Tea Iva dan Sadanis

Rabu, 23 Juni 2021 21:49

IST

FAJAR.CO.ID,MAROS — Guna mendeteksi kanker serviks dan Payudara, Tim Penggerak PKK Kabupaten Maros menggelar Iva Test dan Sadanis, Rabu, 23 Juni.

Kegiatan yang bekerja sama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Maros ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 49.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maros, Ulfiah Nur Yusuf mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, dimana Rabu, 23 Juni hingga Kamis, 24 Juni.

“Untuk pemeriksaan tes iva dan sadanis dikalangan ASN Lingkup Pemkab Maros tempatnya kita pusatkan di Klinik Pemda,” ungkapnya.

Sedangkan untuk masyarakat umum kata dia, dipusatkan di Puskesamas di 14 kecamatan di Maros.

“Untuk masyarakat umum dipusatkan di Puskesma yang ada di 14 kecamatan,” katanya.

Dia mengatakan selain rangkaian HUT HKG, kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan.

“Juga untuk mengetahui kelainan pada leher rahim. Apalagi d Indonesia ini 4 orang meninggal setiap detiknya akibat kanker mulut rahim. Makanya kita berharap melalui kegiatan ini bisa menekan angka kasus kanker mulut rahim,” jelasnya.

Untuk data sementara, peserta yang ikut serta dalam pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara kata dia di Kecamatan Maros Baru sekitar 10 orang, Simbang 12 orang, Marusu 14 orang, Tompobulu 11 orang, Cenrana 8 orang, Lau 30 orang, Camba 15 orang, Moncongloe 25 orang, Mallawa 35 orang, Bantimurung 25 orang, Mandai 26 orang dan Kecamatan Turikale 10 orang.

Sedangkan di Klinik Pemda sebanyak 38 orang peserta yang ikut dlama pemeriksaan.

Komentar

VIDEO TERKINI