Warga dan Media lkut Awasi Pemanfaatan Anggaran Sektor Pendidikan dan Kesehatan

Kamis, 24 Juni 2021 19:50

llham Saenong, Manager Pengembangan Program Hivos.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Hivos melalui Program SPEAK dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa, mengajak warga Kota Makassar untuk memantau dan melaporkan penggunaan anggaran sektor kesehatan dan pendidikan melalui pelatihan jurnalis merakyat dan pelatihan jurnalisme investigasi pada 21-26 Juni dan 30 Juni- 2 Juli 2021 yang dilaksanakan secara virtual.

Lima belas warga dan delapan jurnalis berpartisipasi. Karena merupakan hak dan tanggung jawab warga untuk memastikan anggaran pemerintah dimanfaatkan dengan benar, pelatihan ini dimaksudkan untuk mendiskusikan anggaran pendidikan dan kesehatan yang nilainya signifikan terutama selama pandemiCOVID-19.

“Warga negara berhak mendorong proses pengadaan publik yang lebih transparan dan akuntabel. Melalui Program SPEAK, kami memfasilitasi pelatihan jurnalisme rakyat sehingga mereka akan mampu memantau dan melaporkan persoalan terkait dengan anggaran sektor kesehatan dan pendidikan melalui media yang aman dan berjangkauan luas,” kata llham Saenong, Manager Pengembangan Program Hivos, Senin (21/6/2021).

Setelah pelatihan daring jurnalisme rakyat selesai, 15 peserta akan dibimbing oleh mentor berpengalaman dari TempoWitness untuk melapor temuan penyimpangan terkait penggunaan anggaran yang akan dipublikasikan di TempoWitness (https://witness.tempo.co/) dan JAGA KPK.

“Seringkali warga yang peduli merasa takut ketika ingin melaporkan kejanggalan, penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran. Terutama yang mereka alami sendiri, Dengan melaporkan ke TempoWitness, mereka akan bisa dilindungi oleh kekuatan UU Pers,”kata Yosep Suprayogi, Redaktur Pelaksana Tempo yang juga trainer-mentor TempoWitness.

Jurnalis investigasi berpengalaman dari Tempo mengampuh pelatihan daring jurnalisme investigasi dan akan membimbing 8 jurnalis terpilih dalam membuat liputan investigasi terkait anggaran sektor pendidikan dan kesehatan. Delapan jurnalis terpilih ini akan mendapat dukungan pendanaan untuk liputan investigasi mereka yang akan terbit di media lokal atau nasional.

Komentar

VIDEO TERKINI