Dampingi Masyarakat Pesisir, PKW Unhas-Unismuh Bantu Pengelolaan Sampah Hingga Budidaya Udang

Jumat, 25 Juni 2021 19:28

Penyuluhan Program Kemitraan Wilayah di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Jumat (25/6/2021).(FOTO: SAKINAH/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Perkuat pendampingan ke masyarakat pesisir, Program Kemitraan Wilayah (PKW) Kemenristekdikti yang melibatkan Universitas Hasanuddin-Universitas Muhammadiyah Makassar menyelenggarakan penyuluhan di Dusun Majannang, Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Jumat sore (25/6/2021).

Koordinator PKW, Dr Abdul Rasyid Djalil saat menjadi narasumber dihadapan petambak dan masyarakat setempat menjelaskan bahwa, PKW di yang digagas kali ini yaitu pemanfaatan sampah dan budidaya perikanan.

“Bumdes ini kita harapkan dapat mewadahi kelompok lain untuk membentuk organisasi pengelolaan sampah. Kedepan kita akan bersinergi dan melakukan pendampingan. Serta kolaborasi dengan pihak-pihak pengelola sampah dari luar, bahkan kita akan komunikasi ke founding dari luar negeri,” papar Dosen Universitas Hasanuddin ini.

Senada dengan itu, Dosen Unismuh, Dr Rahmi mengatakan bahwa, pendampingan ini dilakukan bersama Kemersitekdikti melalui Perguruan Tinggi, Universitas Hasanuddin-Universitas Muhammadiyah Makassar.

“Tahun ini kita fokus pada pemanfataan pada pengelolaan sampah dan budidaya udang, agar produksinya meningkat. Olehnya itu kita berikan bantuan alat pencacah sampah dan nantinya benur udang untuk petambak disini,”jelasnya.(fit)

Komentar

VIDEO TERKINI