Dosen PNUP Lakukan Peningkatan Keterampilan SDM di desa Pamatata Selayar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pengajar atau dosen memiliki tugas yang disebut sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai salah satu perguruan tinggi di Sulawesi selatan, mewajibkan tenaga pengajarnya untuk melakukan tri dharma perguruan tinggi. Sehingga setiap tahun kegiatan tersebut dilakukan.

Kali ini kembali Dosen PNUP melakukan pengabdian. Salah satunya, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparat, khususnya BUMDes Tanah Pesisir.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan metode ceramah, latihan, dan pendampingan. Sejak Sabtu, 26 hingga Minggu, 27 Juni 2021.

Berlokasi di Desa Pamatata Kecamatan .Bonto Matene Kabupaten Kepulaun Selayar, program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) di lakukan. Timnya yakni Dr.Bahri, Anna Sutrisna dan Fatmawati.

Ketua Tim, DR Bahri mengatakan
tujuan PPDM tersebut yakni memberikan penyuluhan dalam bentuk pelatihan tentang Manajemen Usaha BUMDes dan Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes.

Juga melakukan penilaian kinerja BUMDes pada Tanah Pesisir di Desa Pamatata Kecamatan. Bontomatene Kab. Kepulauan Selayar.

"Kami dapatkan info kalau saat ini, mitra menghadapi beberapa permasalahan antara lain masalah pengembangan bisnis yang stagnan, masalah pelaporan keuangan yang tidak sesuai dengan standar akuntansi keuangan, serta masalah penilaian terhadap kinerja yang tidak pernah dilakukan," ucapnya.

Untuk itu kata Bahri, berdasarkan fenomena tersebut maka permasalahan mendasar yang dihadapi oleh BUMDes Tanah Pesisir sebagai mitra adalah keterbatasan kapabilitas sumber daya manusia.

  • Bagikan