Anshari Sanusi, Sosok Dibalik Paduan Suara Mahasiswa Unhas Yang Mendunia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Hasanuddin merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang memiliki segudang prestasi nasional maupun internasional. Prestasi ini selain karena bakat yang dimiliki para mahasiswa, juga ada sosok yang mengambil peran penting yakni Anshari Sanusi sebagai koordinator sekaligus konduktor PSM Unhas.

Anshari Sanusi, yang akrab disapa Ari, adalah alumni Fakultas Pertanian Unhas yang sejak tahun 2006  telah berhasil membawa PSM hingga dunia Internasional.

Tercatat beberapa prestasi internasional yang ditorehkan sejak PSM Unhas berada di tangannya, seperti Silver Diploma Scenic Folklore Category, Choir Olympics Xiamen China 2006, Juara 1 Folklore Category, Asian Choir Games Jakarta 2007, konser di Okayama Japan tahun 2015 dan 2016, Juara 1 Folklore Category pada Sing N Joy New Jersey Usa di tahun 2017.

Melalui wawancara pada Senin (28/06), Ari menjelaskan awal mula perjalanan karir sebagai anggota UKM PSM Unhas dengan posisi penyanyi di suara bass. Kemudian pada akhir masa keanggotaannya, kondisi PSM dalam keadaan yang tidak baik, banyak pengurus yang meninggalkan PSM Unhas.

"PSM sejak ditinggal banyak pengurus seperti mati suri. Saya mengambil inisiatif untuk membangunnya kembali dengan merekrut anggota dan memposisikan diri sebagai konduktor atau dirigen. Alhamdulillah, upaya ini terus berkembang dan tahun 2006 saya bersama pengurus lainnya mencoba ikut kompetisi international untuk pertama kali di World Choir Games di Xiamen China," jelas Ari.

  • Bagikan