Program Jamkesda Plus Dicetuskan Bupati ASA, Layanan Kesehatan Gratis di Luar Tanggungan BPJS Kesehatan

  • Bagikan

Termasuk memberikan edukasi tentang pola hidup sehat kepada masyarakat. "Jumlah kunjungan home care tahun 2019 mencapai 4.672, tahun 2020 5.381 kunjungan. Sementara home visit, 9700 kunjungan tahun 2019, tahun 2020 9804 kunjungan," terangnya.

Bukan hanya itu, gerai pelayanan satu pintu didirikan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Tujuannya, setiap pasien menjalani perawatan dan belum terdaftar di BPJS Kesehatan, maka pengurusannya bisa dilakukan di gerai tersebut.

Terakhir, program PSC 119. Program ini dihadirkan untuk memberikan pelayanan terhadap kondisi kegawatdaruratan. Jika terjadi kecelakaan lalu lintas atau warga sedang sakit, bisa menghubungi ambulans yang telah disiapkan di setiap kecamatan dan 16 puskesmas se-Kabupaten Sinjai.

"Ini semua pelayanan kesehatan gratis yang disiapkan Pemkab Sinjai di luar tanggungan BPJS kesehatan dan menjadi kebutuhan masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, pelayanan kesehatan menjadi tanggung jawab pemerintah. Dimana pemerintah harus hadir untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Oleh karena itu, dia berkomitmen, program strategis tersebut akan terus dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. "Kami berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan prima, kita berharap tidak ada lagi warga yang tidak mau berobat karena kendala biaya," tegasnya. (sir)

  • Bagikan