Makassar akan Punya Pelabuhan Khusus Kapal Pesiar

Rabu, 30 Juni 2021 14:04

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Otoritas Pelabuhan Utama Makassar bercita-cita menghadirkan pelabuhan khusus untuk cruise atau kapal pesiar di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Bambang Gunawan menyebut kedatangan kapal pesiar akan membuka keran ekonomi baru bagi masyarakat Sulsel. Salah satunya sektor pariwisata.

Wisata dengan kapal pesiar menjadi trend wisata baru beberapa waktu terakhir. Puncaknya sebelum pandemi melanda dunia. Terdapat banyak operator kapal pesiar yang membawa ribuan sampai puluhan ribu penumpang sekali jalan.

Pelabuhan kapal pesiar jadi hal yang vital dalam wisata cruise. Pelabuhan kapal pesiar juga menjadi titik memulai perjalanan wisata yang menarik bagi wisatawan.

“Peluang ini akan kita manfaatkan. Semua akan kita pastikan safety dan baik. Perlu peran proaktif pemerintah daerah, gubernur, bupati dan walikota untuk menangkap peluang ini,” tutur Bambang dalam gelaran FGD ‘Peluang dan Potensi Investasi Jasa Kepelabuhanan’ di Hotel Claro Makassar, Rabu (30/6/2021).

Bambang juga mendorong pemerintah aktif melakukan promosi dengan melibatkan influencer misalnya, bahwa pelabuhan Makassar tidak kalah dengan pelabuhan besar lainnya di Indonesia, seperti Bali.

Kabid Lalu Lintas Angkutan Laut Operasional dan Usaha Kepelabuhanan Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Muhammad Hasan Basri menambahkan, sampai saat ini pelabuhan di Makassar memang bisa dikatakan belum memiliki infrastruktur memadai untuk disandari kapal pesiar.

Rencananya, Terminal Petikemas Makassar (TPM) akan dipindahkan ke Makassar New Port (MNP) jika pelabuhan baru tersebut sudah beroperasi penuh pada 2023 mendatang.

“Lalu TPM akan dijadikan sebagai pelabuhan khusus untuk cruise atau kapal pesiar,” ungkap Hasan. (endra/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI