Dompet Digital Bak Pisau Bermata Dua

  • Bagikan

Sebagai pemateri ketiga, Zhera Arindita membawakan tema tentang "Nabung atau Belanja Daring". Zhera menjelaskan mengenai jenis-jenis tabungan berupa tabungan investasi, tabungan rencana, tabungan mata uang asing, tabungan bisnis, serta tabungan konvensional. “Mulailah sejak dini untuk terbiasa menabung. Kunci utama dalam upaya pengelolaan keuangan adalah banyak bersyukur agar bisa lebih menghargai apapun yang kita dapatkan”, pesan Zhera.

Adapun Fitriany, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema mengenai "Main Aman Saat Belanja Daring". Dalam pemaparannya, Fitriany meminta masyarakat agar berhati-hati kala belanja daring. “Kalau menggunakan kartu ketika berbelanja, kita harus berhati-hati jika diminta menggesek kartu sekali lagi karena data kartu kita bisa tersimpan di mesin tersebut, serta tidak sembarangan membagikan kode yang terdapat di balik kartu karena bersifat rahasia”.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Dalam acara tersebut, panitia memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi sepuluh penanya terpilih. Salah satu peserta, Hendra Umar, bertanya mengenai pendapat Rane tentang pasar swalayan yang masih menggunakan transaksi konvensional karena adanya potong-potongan pajak saat bertransaksi digital. Menurut Rane, apabila usaha tersebut masih tergolong kecil, ada baiknya untuk menggunakan transaksi konvensional terlebih dahulu. Namun, ketika sudah berkembang, transaksi dapat dialihkan ke digital walaupun terkena potong-potongan pajak.

  • Bagikan