Penambahan Persyaratan Khusus 13 Paket Jalan, KPPU: Kalau Ada Syarat Mengarah, Itu Kongkalikong

Kamis, 1 Juli 2021 15:58

FAJAR.CO.ID, BONE — 13 paket jalan mulai di tender di LPSE. Namun untuk mengikuti tender, Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Bone menambahkan persyaratan. Batching Plant.

Anggaran untuk 13 paket jalan tersebut bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan total keselurahan anggaran untuk 13 paket jalan tersebut Rp284,9 miliar.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Jibang mengutarakan, persyaratan batching plan sesuai petunjuk di Kerangka Acuan Kerja (KAK) dana PEN, dan memang untuk pemulihan ekonomi di Bone.

“Itu diusahakan tersalur ke pengusaha Bone. Batching Plan banyak di Bone untuk mendukung,” katanya Kamis (1/7/2021).

Kata dia, itu dipersyaratkan setelah sama-sama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), dan memang batching plan diharuskan ke Bone karena bergulir dana PEN ini di Bone.

“Bisa saja perusahaan luar ikut lelang. Namun, dana pen ini diperuntukkan untuk pemulihan ekonomi masyarakat Bone,” ucapnya.

Sekadar diketahui, perihal permohonan penambahan persyaratan dalam rangka pelelangan jasa konstruksi kegiatan pembangunan jalan, pemeliharaan berkala tahun anggaran 2021 bersumber dari dana PEN.

Dalam peraturan LKPP nomor 12 tahun 2021 Pasal 3 ayat 2 huruf b, lampiran II peraturan LKPP nomor 12 tahun 2021 bagian III angka 3.5.5 tentang penambahan persyaratan kualifikasi dan persyaratan teknis.

Di situ dijelaskan penambahan persyaratan harus mendapat persetujuan dari pejabat tinggi pratama pada Pemerintah Daerah. Yang bertanda tangan dalam surat Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang dengan nomor 600/1155/DBMCKTR/VI/2021 adalah Kepala Dinas, Askar.

Dia menyetujui penambahan persyaratan tersebut selama memenuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara Kakanwil VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana mengutarakan, kalau KPPU fokus ke persekongkolan dalam tendernya, bagaimana dia bisa memenangkan tendernya.

Komentar

VIDEO TERKINI