Tetap Waspada Agar Tak Terperdaya dengan Kemudahan Belanja di Dunia Maya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MINAHASA TENGGARA -- Rangkaian Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siber Kreasi bersama Dyandra Promosindo kembali menggelar kegiatan diskusi virtual pada Jumat, 2 Juli 2021 di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Kolaborasi ketiga lembaga tersebut dikhususkan pada penyelenggaraan Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kegiatan kali ini adalah “Bagaimana Berbelanja Online dengan Dompet Digital”.

Dalam acara tersebut hadir empat narasumber, yaitu Brando G Sumampow selaku OVO City Manager, Sari Insaniwati selaku Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi, Kristian Oka selaku jurnalis Harian Kompas, serta Firjie ET Massie selaku selebgram. Sedangkan moderator acara ini dibawakan oleh Febrina Stevani salah seorang konsultan komunikasi. Pada episode kali ini diikuti oleh 499 peserta dari berbagai kalangan

Pembicara pertama, Brando G Sumampouw, memaparkan materi tentang keahlian digital dengan tema “Cara Menggunakan Dompet Digital dalam Transaksi”. Dia mengatakan, kehadiran dompet digital sangat memudahkan masyarakat karena bisa digunakan dalam berbagai transaksi. Agar aman, ada sejumlah kiat dalam penggunaan aplikasi pembayaran digital, antara lain belanja di situs terpercaya, hindari kontak langsung dengan penjual, rutin mengganti kata sandi, tidak memberikan OTP kepada siapapun, teliti detail biaya belanja, serta cermat membaca ketentuan yang ada. "Tidak usah merespon tautan atau telepon tak dikenal, apalagi yang menanyakan data pribadi seperti nomor identitas," pesan Brando.  

  • Bagikan