Realisasi APBN Semester I KPPN Makassar II Capai Rp3,5 Triliun

Senin, 5 Juli 2021 17:58

Kepala kanwil DJPb Prov. Sulawesi Selatan, Bapak Syaiful bersama Kepala KPPN Makassar II, Adi Setiawan.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala KPPN Makassar II, Adi Setiawan, menyampaikan realisasi APBN melalui KPPN Makassar II pada Semester I Tahun Anggaran 2021 mencapai 42% dari total pagu. Nilai realisasi tersebut mencapai Rp3,5 triliun.

Untuk tahun 2021, KPPN Makassar II menyalurkan pagu anggaran sebesar Rp 8,4 triliun. Proporsi pagu anggaran tersebut meliputi Belanja Pegawai, Belanja Barang, Belanja Modal, Belanja Bantuan Sosial, dan Belanja Transfer. Alokasi terbesar adalah untuk Belanja Transfer yang mencapai 33,81% dari pagu atau senilai Rp2,8 triliun.

Sampai dengan Semester I Tahun 2021, target realisasi sebesar 40% dari total pagu alokasi dapat terpenuhi. Capaian masing-masing jenis belanja meliputi Belaja Pegawai sebesar Rp 1,3 triliun, Belanjang Barang Rp 758 miliar, Belanja Modal Rp 47,7 milyar, Belanja Bansos Rp 10 milyar, dan Belanja Transfer sebesar Rp 1,43 milyar.

Presentase realisasi terbesar berasal dari Belanja Transfer yang mencapai 50,27% dari total pagu Belanja Transfer sebesar Rp. 2,86 Triliun.

“Untuk realisasi Belanja Transfer, termasuk penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah. Sampai dengan semester I telah tersalur Rp 1,26 Triliun,” ungkapnya.

Penyaluran Dana BOS tersebut, menurut Adi, telah dilakukan dalam beberapa kesempatan. “Yang terakhir telah disalurkan untuk Dana BOS Tahap II Gelombang II. Sebesar Rp 69,6 miliar untuk sekitar seribu sekolah pengelola Dana BOS,” imbuhnya.

Adi mengungkapkan pihaknya terus berkordinasi dengan mitra kerja baik satuan kerja di lingkungan Kementerian atau Lembaga maupun pemerintah daerah terkait dengan realisasi pagu APBN di KPPN Makassar II.

“Kami terus berkoordinasi dengan satker untuk mengantisipasi rencana dan target di periode berikutnya. Penggunaan alokasi dana tersebut sangat strategis dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional,” tuturnya.

Komentar

VIDEO TERKINI