Berkat Bupati ASA, Dermaga di Pulau Kambuno Rampung 2022

Selasa, 6 Juli 2021 22:02

Andi Irwansyahrani Yusuf

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Rencana pembangunan dermaga di Pulau Kambuno, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai pada tahun 2021 ini merupakan tahun kedua penggelontoran anggaran untuk pembangunan pelabuhan laut tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai, Andi Irwansyahrani Yusuf menerangkan, dari proposal yang diajukan, Kementerian dalam hal ini Direktorat Jenderal Pelabuhan Laut menyetujui kurang lebih Rp86 miliar anggaran untuk direalisasikan secara bertahap.

“Proyek ini akan dilaksanakan selama tiga tahun dimulai dari tahun 2020, 2021 dan 2022. Untuk tahun 2021 ini jumlah anggaran berdasarkan dipa yang kami ketahui kurang lebih sebesar Rp29 miliar. Itu merupakan kelanjutan dari pekerjaan tahun lalu yang merupakan pengadaan material sejumlah kurang lebih Rp24 miliar,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/7/2021).

Dikatakan Irwansyahrani, pada tahun 2021 ini kegiatan akan berkisar pada pembangunan fisik sekaligus mobilisasi material yang sudah dipersiapkan di tahun sebelumnya.

“Jadi pelaksanaan dan realisasi kegiatan pembangunan pelabuhan ini sudah kita lakukan pengusulan mulai tahun 2018, dan hal itu tak lepas dari upaya komunikasi Pak Bupati (Andi Seto-Read) kepada bapak Menteri dan Dirjen sehingga alhamdulillah direalisasikan pada tahun ini,” ujarnya.

Menurut Irwansyahrani, rencana pembangunan pelabuhan laut tersebut sudah menjadi kebutuhan masyarakat khususnya yang berada di Pulau Sembilan dalam upaya untuk menunjang program peningkatan destinasi wisata di pulau Larea-rea.

“Berdasarkan apa yang menjadi proposal yang disusulkan bapak bupati pelabuhan Kambuno akan berkekuatan mampu menampung kapal yang sandar sampai 500 GT sehingga kapal-kapal yang lumayan besar pun insya allah bisa kita sandarkan di pulau Sembilan,” kata dia.

Oleh karena itu, Irwansyahrani berharap kepada seluruh warga Kecamatan Pulau Sembilan untuk mendukung proyek pembangunan tersebut. (sir)

Komentar

VIDEO TERKINI