Saring dan Cek Fakta Sebelum Berbagi

Rabu, 7 Juli 2021 15:41

FAJAR.CO.ID, MINAHASA – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 7 Juli 2021 di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Mengenal dan Menangkal Hoaks”. Kegiatan kali ini diikuti oleh 632 peserta dari berbagai kalangan usia dan juga profesi.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama adalah Irmawati Puan Mawar yang membawakan tema “Bagaimana Aktivitas Digital Kita Hari ini Berpengaruh pada Masa yang akan Datang?”. Ia mengatakan, media sosial menjadi begitu populer karena dia cepat, dinamis, interaktif, dan realtime. Siapa saja bisa tertipu hoaks. Dia pun membeberkan tipe-tipe penyebar hoaks. Terakhir, dia membagikan cara cepat cek fakta dan meningkatkan keamanan digital. “Masa depan kita adalah hari ini, karena apa yang kita kirimkan bisa menjadi jejak digital, rekaman setiap gerak gerik kita,” katanya.

Berikutnya, Reynaldo Joshua Salaki menyampaikan materi berjudul “Sudah Tahukah Kamu Dampak Penyebaran Berita Hoaks?”. Ia membagikan cara agar tidak terpapar hoaks, seperti selalu mencari berita atau informasi dari sumber terpercaya. Jika menerima berita bohong, Reynaldo menyarankan 5 langkah: perhatikan judul berita, periksa fakta, validasi dengan kerabat, cermati alamat situs, dan cek keaslian konten. “Hoaks bukan hal baru, tersebar dengan sangat cepat, bahkan viral karena kemudahan media sosial,” katanya.

Komentar

VIDEO TERKINI