Saring dan Cek Fakta Sebelum Berbagi

Rabu, 7 Juli 2021 15:41

Sebagai pemateri ketiga, Stanley David Karouw membawakan tema tentang “Mengenal dan Menangkal Hoaks”. Menurut dia, hoaks adalah kepalsuan yang sengaja dibuat untuk menyaru sebagai kebenaran. Selain hoaks, ada juga yang disebut disinformasi, misinformasi, dan malinformasi. Hoaks banyak menyebar terutama lewat media sosial, aplikasi percakapan, dan situs web. Topik hoaks terbanyak adalah politik, SARA, dan kesehatan. “Internet sebagai alat saja. Nilai moralnya ditentukan oleh pengguna,” ujarnya.

Adapun Stevi Adrian Nangon sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema mengenai “Apa itu Internet Sehat?”. Stevi dalam presentasinya mengajarkan bagaimana menciptakan internet sehat di lingkungan keluarga. Beberapa poin pentingnya yaitu bijaksana dalam meluangkan waktu untuk berinternet dan pembatasan penggunaan gawai oleh anak. Sementara itu internet sehat bagi penyelenggara sistem elektronik sangat berkaitan dengan keamanan data.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Terlihat antusiame dari para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber. Salah satu pertanyaannya, “Indonesia termasuk negara yang rentan terkena hoaks. Apakah kurangnya pendidikan, tidak open minded, itu membuat hoaks itu mudah tersebar? Bagaimana kami netizen bisa memilah mana hoaks atau fakta dari media populer?” tanya Ariah Elmariah kepada Reynaldo.

Menjawab pertanyaan tersebut, Reynaldo menyampaikan, “Terkait kurangnya pendidikan. Sebagai pengajar, ada kegiatan pengabdian masyarakat. Terakhir saya melakukan kegiatan literasi digital di sekitar tempat saya tinggal, untuk membangkitkan kesadaran masyarakat menyaring berita mana yang akan diambil dan diteruskan ke orang lain. Membuat hoaks atau tidak adalah tanggung jawab masing-masing media. Ketika kita sudah tahu itu terindikasi hoaks kita jangan mengambil sepenuhnya atau percaya pada berita yang ada,” jawabnya.

Komentar

VIDEO TERKINI