Skenario dan Prediksi “Pemenang” Tender 13 Paket Jalan, ULP Kukuh Bungkam

  • Bagikan

Ada juga PT Amin Jaya yang mengerjakan proyek pemeliharaan jalan paket 02 dengan pagu Rp2,7 miliar, lalu PT Pattola Palalloe mengerjakan pemeliharaan berkala jalan paket 04 dengan Pagu Rp5,3 miliar, dan PT Amal Lopolindo pemeliharaan jalan paket 01 dengan pagu Rp4,5 miliar.

Sekadar diketahui anggaran untuk 13 paket jalan yang akan dikerjakan tahun ini bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan total keseluruhan anggaran untuk 13 paket jalan tersebut Rp284,9 miliar.

Dari informasi yang dihimpun, ada semacam skenario untuk memenangkan kontraktor atau penyedia tertentu. Caranya mengunci atau menetapkan persyaratan tertentu. Namun, pada Tahapan Pemberian Penjelasan banyak penyedia yang melayangkan pertanyaan dan sanggahan dokumen pemilihan yang akhirnya PPK dan Pokja Pemilihan melakukan addendum.

Jika skenario penambahan persyaratan tidak mendapat sanggahan secara massif dari penyedia, kuat dugaan tidak akan ada perusahaan lain yang memasukkan penawaran dan proses tender tetap dilanjutkan. Dan secara otomatis akan memenangkan perusahaan yang memasukkan penawaran itu. Nyaris menjadi proyek penunjukan langsung.

Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, And Tenri Olle tak ingin dikonfirmasi soal hal tersebut. Whatsapp, telepon, semuanya tidak direspons. Bahkan ditemui pun masih berkilah. "Bertanya ke PU saja," dalihnya.

Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi menyorot terkait adanya dugaan kongkalikong dalam proses tender proyek miliaran di Bumi Arung Palakka Bone. ACC menyebut, modus dalam kasus yang saat ini menjerat Gubernur Sulsel non Aktif Nurdin Abdullah juga terjadi di daerah.

  • Bagikan