Jalur Mandiri UNM, 6936 Camaba Berebut 3000 Kursi

Kamis, 8 Juli 2021 13:57

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jalur terakhir penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Makassar (UNM) yakni jalur mandiri resmi ditutup hari ini, Kamis (8/7/2201).

Untuk tahun ini, pendaftar di jalur mandiri UNM sebanyak 6.936 orang, yang mengikuti tes potensi akademik 6.775, pada jalur Hafidz dan Hafidzah 33 peserta, sedangkan pada jalur berprestasi 155 orang. Sementara yang akan diterima berjumlah 3.000 orang

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Husain Syam, memastikan ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) jalur Mandiri UNM tahun 2021 berjalan lancar dan aman.

Selama empat hari tes UTBK yang dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 8 Juli 2021, Rektor UNM beserta jajaran pimpinan dan panitia UTBK jalur mandiri telah memastikan proses tersebut tertib terlaksana sesuai protokol kesehatan.

“Selama empat hari ini kami sudah keliling bersama panitia memastikan tes jalur mandiri berjalan lancar dan aman,” kata Prof Husain Syam saat menggelar konferensi pers di Gedung Pinisi lantai 17 UNM, Kamis (8/7/2021).

Guru besar di bidang pertanian itu juga memastikan bahwa siapapun yang ikut berkompetisi untuk meraih kursi di jalur mandiri, memiliki hak yang sama dan memiliki peluang sama.

“Jadi tidak ada ruang untuk bisa mendzalimi orang lain, intinya siapapun anak bangsa yang mau masuk di UNM itu melalui tes dan seleksi ketat,” ujarnya.

Hal tersebut secara langsung mematahkan maindset masyarakat bahwa tes jalur mandiri masuk di UNM adalah ajang mendzalimi orang atau titip-titipan bagi calon mahasiswa baru (Camaba).

“Karena banyak sekali informasi yang beredar diluar sana, nah makanya sekarang kita patahkan maindset itu. Tes inilah yang kita kawal bahwa itu adalah objektif memiliki peluang dan hak yang sama dalam meraih cita-cita anak bangsa,” ungkapnya.

Komentar

VIDEO TERKINI