Besok, Unismuh Kukuhkan Dua Guru Besar dan Pantau Hilal Awal Dzulhijjah

  • Bagikan

Andi Tenri Ampa lahir di Bone, 23 November 1959. Pendidikan S1 diselesaikan di IKIP Ujung Pandang tahun 1983. Gelar Magister diperolehnya dari jurusan Linguistik Universitas Hasanuddin tahun 1993. Ia menyelesaikan pendidikan S3 sebagai Wisudawan Terbaik Universitas, pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar tahun 2003.

Ia terangkat sebagai Dosen PNS di Kopertis sejak tahun 1986. Andi Tenri Ampa pernah menjadi Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh Makassar tahun 1991-2000.

Peraih penghargaan Satyalencana Karya Satya 20 dan 30 tahun dari Presiden Republik Indonesia ini, telah menulis puluhan karya ilmiah, dalam bentuk buku, artikel pada jurnal/prosiding baik skala nasional, maupun internasional terindeks scopus.

Pemantauan Hilal

Selain pengukuhan Guru Besar, Sabtu besok, Unismuh juga akan melakukan pemantauan hilal Bulan Dzulhijjah 1422 H. Saat ini, Unismuh telah memiliki alat teleskop atau teropong pemantau Hilal.

Wakil Rektor IV, Mawardi Pewangi menjelaskan bahwa alat ini penting dalam pengembangan ilmu falak. Teleskop tersebut akan mulai diujicobakan untuk memantau Hilal awal 1 Dzulhijjah 1442 H, pada Sabtu 10 Juli 2021.

Di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, alat pemantau hilal ini telah dimiliki oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Unismuh Makassar.

“Kedepan, kita akan bangun Observatorium di lantai 18. Tempat dan alat yang kita miliki nantinya akan menjadi tempat praktek bagi mahasiswa jurusan Ilmu Falak,” ujar Mawardi.

  • Bagikan