Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan Skema Daring

  • Bagikan

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Prof Muhammad Jufri menerangkan MPLS tingkat SMA akan dilaksanakan selama lima hari, Senin-Jumat, 12-16 Juli. Dilaksanakan pada hari sekolah dan jam pelajaran mulai dari pukul 08.15-10.15 Wita.

"MPLS dilaksanakan di rumah masing-masing dengan menerapkan konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa Pandemi Covid-19," paparnya.

Pelaksanaan MPLS dengan prinsip 25 persen peserta didik baru menerima materi secara offline di lingkungan sekolah, jika menggunakan kelas maksimal 15 orang dengan menerapkan aturan 5M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi).

Seribu Siswa

Untuk level SD-SMP, MPLS di Kota Makassar bakal sepenuhnya daring. Namun, Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar baru akan melaksanakan pada, Selasa 13 Juli.

Pembukaan secara resmi MPLS akan melibatkan 1.000 siswa. “Namun, semua melakukan secara daring di rumah masing-masing,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar Nielma Palamba.

Proses diundur dari jadwal nasional karena untuk lebih mematangkan persiapan. Sebab, proses pendaftaran seluruh siswa untuk SD dan SMP baru rampung pekan ini.

Selain itu, pelaksanaan juga disesuaikan dengan agenda wali kota. “Karena nanti Pak Danny yang akan memberikan motivasi langsung lewat online,” katanya.

Selain itu, wali kota juga akan memaparkan langsung ke pihak sekolah dan murid-siswa seperti apa arah pendidikan di Makassar ke depan. Bagaimana semua layanan pendidikan bisa dimanfaatkan dengan baik meski di tengah keterbatasan akibat pandemi ini.

  • Bagikan