Sinergi ABDSI dan PLN Fasilitasi Sertifikasi PIRT dan Halal UMKM Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) Korda Makassar kembali memfasilitasi UMKM penerbitan sertifikat PIRT dan Halal di tahun 2021 setelah melakukan kegiatan yang sama pada tahun 2020 lalu.

Kegiatan ini hasil kerjasama ABDSI Korda Makassar dengan dukungan dari PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan dan penyaluran Sulawesi guna membangun daya saing UMKM antara lain melalui PIRT dan sertifikasi halal.

Ketua ABDSI Korda Makassar, Ria Wahyuni mengatakan, salah satu upaya membangun dan mengembangkan UMKM adalah melalui standarisasi produk dengan izin edar berupa PIRT dan sertfikasi halal.

"Izin PIRT berguna melindungi masyarakat dari produk pangan olahan yang aman dan sehat, serta sertifikasi halal untuk jaminan produk yang halal dan thayyib," katanya di Makassar, Sabtu (10/7/2021).

Tahun ini puluhan UMKM kami fasilitasi PIRT dan Halalnya dengan lokasi di Makassar, Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Barru," tambahnya.

Pembina ABDSI Makassar yang juga konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham mengapresiasi peran PT PLN yang peduli pada pemberdayaan UMKM.

Menurutnya, Peran BUMN seperti PLN cukup signifikan ke ekonomi, sehingga mampu membantu UMKM di Sulsel, terutama saat pandemi.

Dalam rangka pengurusan sertifikasi halal telah mengadakan kegiatan penyuluhan keamanan pangan dengan penyuluh dari Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Selain itu, produk-produk UMKM yang difasilitasi PIRT dan halal sudah dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui kandungan isi serta kunjungan langsung ke lokasi usaha.

  • Bagikan