Dosen Teknik Mesin PNUP Gelar Pelatihan Bengkel Las Listrik untuk Karang Taruna di Desa Massamaturu Takalar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR — Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) adalah salah satu perguruan tinggi vokasi yang berada di Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea, Makassar. PNUP terdiri dari 6 Jurusan (Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Akuntansi, dan Administrasi Niaga) dan 24 Program Studi. Salah satu kewajiban dosen pada Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan penerapan hasil penelitian dan penerapan ilmu praktis untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Desa Massamaturu adalah salah satu Desa Binaan PNUP dalam melaksanakan kegatan pengabdian kepada masyarakat. Desa Massamaturu berada di Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar dengan jumlah penduduk sekitar 1.771 jiwa atau 557 Kepala Keluarga. Terdiri dari empat dusun, yaitu dusun Bonto Rannu I, Bonto Rannu II, Bulubumbung I, dan Bulubumbung II. Tingkat kemiskinannya mencapai 531 jiwa atau 30 % dan 1.240 jiwa atau 70 % masyarakat tergolong sejahtera (Data Desa Massamaturu 2018). 

Karang Taruna di Desa Massamaturu adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Berdasarkan hasil pertemuan dengan Kepala Desa Massamaturu dan perangkat desa diperoleh informasi bahwa Desa Massamaturu saat ini dipersiapkan sebagai Desa Wisata untuk menunjang Pembangunan Regional Mamminasata. Dalam program kerjanya, saat ini telah ada objek wisata “Taruttuka” dan terus dikembangkan.

  • Bagikan