Dosen Teknik Mesin PNUP Gelar Pelatihan Bengkel Las Listrik untuk Karang Taruna di Desa Massamaturu Takalar

  • Bagikan

Dengan adanya objek wisata ini, maka karang taruna di desa Massamaturu dapat berperan secara aktif dalam mengelolah objek wisata ini. Salah satu keinginan dari Kepala Desa Massamaturu dalam memberdayakan anggota karang taruna adalah dengan memberikan keterampilan bengkel las listrik.

Bertitik tolak dari kondisi dan situasi di Desa Massamaturu, maka dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin PNUP yang terdiri dari Abram Tankemanda S.T., M.T., Dr. Ir. Syaharuddin Rasyid, M.T., Anthonius Lorens Simon Haans, S.T., M.T., Lilian Putri Dwi Intan Sekar Sari, dan Nahrul Hidayat, telah memberikan pelatihan keterampilan bengkel las listrik bagi anggota Kelompok Karang Taruna pada hari Sabtu, 10 Juli 2021.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh perangkat desa, tokoh masyarakat, dan anggota karang taruna di Desa Massamaturu. Acara pelatihan dibuka oleh Kepala Desa Massamaturu, Lukman Nyau dan kata sambutan dari tim pengabdian Syaharuddin.

Kegiatan pelatihan bengkel las listrik diawali dengan memberikan kuesioner dan modul pelatihan bengkel las listrik (Gambar 3). Pemberian kuesioner ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan anggota karang taruna tentang perbengkelan las listrik. Berdasarkan survey awal diperoleh informasi bahwa umumnya anggota kelompok karang taruna belum pernah belajar tentang teknik-teknik dasar mengelas dan bagaimana menggunakan mesin gerinda tangan dan mesin bor tangan sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur).

Pengenalan peralatan las dan teknik-teknik dasar dalam mengelas dijelaskan oleh Bapak Abram Tankemanda, pengenalan mesin gerinda tangan dan penggunaannya dijelaskan oleh Bapak Syaharuddin Rasyid, dan pengenalan mesin bor tangan dan penggunaannya dijelaskan oleh Anthonius.

  • Bagikan