Tingkatkan Potensi Desa di Takalar, Dosen PNUP Lakukan Pembinaan Bumdes

  • Bagikan

Namun hingga saat ini unit bisnis dari BUMDes tersebut hanya aktif pada unit usaha Simpan Pinjam saja, khususnya dengan ada nya kondisi Covid-19 yang melanda pada tahun 2020 sehingga pendapatan BUMDes ikut merasakan dampaknya.

"Guna memaksimalkan potensi desa yang dimiliki oleh desa Massamaturu, maka BUMDes perlu menambah unit usaha," tuturnya.

Kata Nuraisyah target dari kegiatan ini adalah mengenalkan dan menambahkan kemampuan akuntansi kepada perangkat dan pengurus BUMDes mengenai Akuntansi Agrikultur.

Agar nantinya kelompok Tani dan Ternak yang ada di desa Massamaturu menjadi bagian unit usaha BUMDes Assamaturu. Kemudian mampu menjadi sumber pendapatan desa.

Adapun luaran pada kegiatan ini adalah sebagai berikut berupa pelatihan dan workshop. Diharap dapat menambah pengetahuan bagi perangkat dan pengurus BUMDes, ini akan perlunya pengetahuan atas akuntansi agrikultur.

Kedepan untuk nantinya dapat menyusun laporan keuangan yang didalamnya terdapat aset biologis (agrikultur) ketika kelompok Tani dan Ternak menjadi unit usaha BUMDes.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang Dedy Abidin, S.E.,M.Si.,Ak dan Andi Sri Wahyuni, S.E., M.Si., Akt serta Nuraisyah Zain Mide, S.E., Ak., M.Si. (rls)

  • Bagikan