Kapal Isolasi Tiba 14 Juli, Menhub Beri Jalan

  • Bagikan

"Alhamdulillah pada tanggal 14 (Juli) kita akan mengunjungi kapal yang disiapkan dan akan menyusun protap Isolasi Apung pertama di Indonesia kerja sama pusat, Kemenhub, Pelni, dan pemkot," jelasnya.

Kapal yang disiapkan pun memiliki daya tampung hampir 900 orang. Perihal kondisi, dari foto-foto yang ditunjukkan dalam keadaan baik.

Hanya beberapa saja yang mau ditambahkan, seperti hepafilter untuk udara, dan mempersiapkan program penyembuhan. "Insyaallah dengan ini betul-betul mengisolasi kita. Ini sejarah dan kejadian monumental," paparnya.

Diketahui ada empat kapal Pelni yang bisa digunakan, di antaranya, KM Tidar, KM Lawit, KM Umsini, dan KM Kelimutu. Dari empat kapal ini, hanya satu yang bakal digunakan.

"Belum diputuskan, masih mau rapat persiapannya. Rencana, jika lancar tanggal 14 sudah bisa digunakan," kata Jubir Makassar Recover, Henny Handayani.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof Sukri Palutturi mengatakan kebijakan tersebut sah-sah saja.

Apalagi, ia menilai prinsip dari isolasi mandiri adalah menghindari interaksi dengan orang sehat, sehingga tidak menularkan kepada orang lain.

"Bisa di kapal laut, tapi penumpangnya adalah penderita Covid semua yang sedang melakukan isolasi mandiri kemudian ditambah dengan tenaga kesehatan dan dilengkapi dengan fasilitas kesehatan," kata Sukri.

Meski begitu, hal itu mesti dibarengi dengan pasien yang harus bersedia tinggal di kapal laut sekitar 10-12 hari, tergantung gejala covid yg diderita. (bus)

  • Bagikan