Kritis Terhadap Semua Informasi, Cara Jitu Tangkal Hoaks di Internet

Selasa, 13 Juli 2021 08:55

FAJAR.CO.ID, BITUNG – Sebanyak 931 peserta mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo.

Kegiatan kali ini dilaksanakan secara virtual pada 13 Juli 2021 di Bitung, Sulawesi Utara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Kegiatan dengan tema “Mengenal dan Menangkal Hoaks” kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Kriminolog dan Guru Besar FISIP Universitas Indonesia Prof Adrianus Eliasta Meliala Ph.D, Jurnalis dan Cek Fakta Tempo Budi Nurgianto, Sekretaris Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Utara Supardi Bado SAP, dan Blogger dan Content Creator Mugniar Marakarma.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Fadel Karnen selaku Podcaster. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Pemateri pertama adalah Budi Nurgianto yang membawakan tema “Cerdas Menjaga Jejak Digital”. Menurut dia, kemudahan berkomunikasi dan berinteraksi warganet di internet secara tanpa sadar telah meninggalkan banyak jejak digital yang akan sulit dihapuskan.

Dampak negatifnya, jejak tersebut dapat dimanfaatkan orang atau pihak yang bertanggung jawab untuk kepentingan tertentu. Oleh karena itu, “Mulai sekarang, hindarilah untuk berbagi hal-hal berkaitan dengan privasi, jangan membagikan alamat rumah, informasi keluarga, serta nomor telepon,” ujar dia.

Berikutnya, Adrianus Eliasta Meliala menyampaikan materi berjudul “Hoaks, Dampak dan Etik Digital”. Ia mengatakan, dinamika yang berkembang saat ini, peredaran hoaks atau berita bohong sering kali didasari oleh keyakinan si pembuat atau pengirim berita. Sehingga, kendati dikatakan hoaks oleh sejumlah pihak, tapi tetap saja masih dianggap sebagai kebenaran.

Komentar

VIDEO TERKINI