MPLS Perdana, Siswa Diharap Tidak Melupakan Kearifan Lokal

Selasa, 13 Juli 2021 11:00

MPLS) SMA/SMK/SLB se-Sulsel. Foto: Idham Ama

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK/SLB se-Sulsel dimulai Senin, (12/07/2021) kemarin. Sebanyak 120.958 siswa ikut serta secara virtual, di antaranya 78.199 siswa SMA dan 42.758 siswa SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Prof Muhammad Jufri merinci, MPLS diikuti oleh 335 SMA Negeri, 165 SMK Negeri, dan 23 SLB Negeri se- Sulsel yang digelar selama lima hari. Menurutnya, MPLS sangat penting bahi siswa baru, agar dapat saling mengenal satu sama lain. “Walaupun hanya dilakukan secara daring,” bebernya.

Menurut Jufir, MPLS diharapkan dapat membentuk profil pancasila siswa. “Materinya telah disusun dalam satu juknis yang mengikuti ketentuan menteri dan ciri khas daerah dan sekolah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meminta kepada sekolah-sekolah agar membekali siswa dengan penguasaan tiga bahasa. Terutama bahasa daerah yang mulai terlupakan saat ini. Menurutnya, hal itu harus jadi perhatian. “supaya tidak hilang ini bahasa daerah,” beber Andi Sudirman saat membuka MPLS SMA/SMK/SLB secara virtual, kemarin.

Dia mengharapkan, tiap siswa juga mesti mengusai bahasa asing. Baik itu bahasa Inggris, Mandarin, Prancis, atau lainnya. “Terserah bahasa mana yang disukai siswa. Berikan mereka pilihan,” imbuhnya.

Dia pun telah meminta kepada Dinas Pendidikan untuk segera memformulasikannya. Caranya bisa bekerja sama dengan anak sastra di kampus atau lainnya.

Ketua Dewan Pendidikan Sulsel Adi Suryadi Culla pun berharap, apa yang disampaikan Plt Gubernur mesti dieksekusi dengan cepat. Menurutnya hal itu merupakan terobosan yang positif.

“Saya kira perlu di-follow up dengan rumusan kurikulum yang mesti nanti diajarkan. Jangan dibiarkan harapan Pak Gubernur tidak segera dibuatkan instrumen,” imbuhnya.

Komentar

VIDEO TERKINI