Kerja Daring Kini Kian Penting

Kamis, 15 Juli 2021 09:30

FAJAR.CO.ID, POLEWALI MANDAR – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 15 Juli 2021 di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital”.

Program kali ini menghadirkan 839 peserta dan empat narasumber yang terdiri dari Founder & Owner Ninos Manado Arvuela Lavencya Dolonseding, Founder Kaki Gatal Production Suhandri Lariwu, Ketua Yayasan Boyang Kecuq Mandar Nilawati, dan Peneliti Balitbang Sulawesi Barat Syarifuddin. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Rachman Pratama selaku Jurnalis & Youtuber. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama adalah Arvuela yang membawakan materi bertema “Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital”. Menurut dia, pekerja Indonesia diharapkan bisa mengembangkan berbagai kecakapan digital agar bisa mengimbangi perkembangan teknologi yang mencakup penggunaan platform komunikasi daring dan perangkat lunak pendukung kolaborasi.

Berikutnya, Suhandri menyampaikan materi berjudul “Sosialisasi Lokapasar bagi Pelaku UMKM”. Ia mengatakan, pandemi mengharuskan UMKM beralih ke digital. Dengan begitu, diharapkan pengelolaannya akan semakin efisien dan mudah serta berkesempatan melakukan ekspansi bisnis.

Komentar

VIDEO TERKINI