Maksimalkan Pengelolaan SDA, Pemkab Wajo Jalin Sinergi dengan Politeknik ATI Makassar

Kamis, 15 Juli 2021 19:26

IST

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Kabupaten Wajo memiliki banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA). Kini mulai digodok dikelola lebih baik.

Salah satunya dengan gelaran Focus Group Discussion (FGD) dengan Politeknik Akademi Teknologi Industri (ATI) Makassar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Kamis (15/7/2021).

Pada muaranya, pertemuan ini diharapkan menghasilkan ide untuk pengelolaan SDA dan peningkatan SDM Wajo.

Bupati Wajo Amran Mahmud, juga membeberkan ikan sapu-sapu di Danau Tempe sangat melimpah. Hanya dinilai nelayan tidak punya nilai ekonomi.

“Sekarang di Danau Tempe melimpah wabah ikan sapu-sapu, sampai saat ini tidak ada nilai ekonominya,” ungkapnya.

Namun, setalah diadakan pengkajian sudah ada gambaran ikan sapu-sapu bisa diolah jadi pakan ternak, tepung, bakso, dan lainnya.

“Nah, kalau ini tiba-tiba ada nilai ekonomisnya, bayangkan berapa banyak entrepreneur baru yang lahir dari sini,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut bupati, bagaimana mengembalikan kejayaan kakao di Wajo. Begitupun dengan rumput laut yang saat ini telah ada beberapa desa mengolahnya menjadi kosmetik, minuman, dan kerupuk.

“Tinggal bagaimana mengembangkan pemasarannya,” terangnya.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Basri, mengungkapkan pihaknya akan memberikan advokasi pelatihan industri yang bisa berdaya saing. Salah satunya dengan membuat rencana aksi lewat program pembangunan SDM di Wajo.

“Tujuan kita pada dasarnya menciptakan SDM yang tidak hanya mampu berwirausaha, tapi juga punya basic di dunia industri sehingga SDM yang kita miliki punya standar kerja dan mampu menghasilkan produk,” bebernya. (man)

Komentar

VIDEO TERKINI