Pelajar Curhat Rindu Belajar di Sekolah

Kamis, 15 Juli 2021 15:20

SIMULASI.Suasana Simulasi SMA Negeri 10 Makassar dalam rangka menghadapi sekolah tatap Muka beberapa waktu yang lalu

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Salah seorang pelajar mencurahkan perasaan hatinya terkait kerinduannya untuk belajar di sekolah kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) . Pelajar tersebut, Ayu Lestari,siswi SMA Negeri 1 Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Ia menanyakan apakah ada kemungkinan untuk pembelajaran tatap muka kepada Presiden Jokowi. “Izin bertanya Pak, untuk program vaksinasi pada pelajar ini apakah ada kemungkinan untuk pembelajaran tatapmuka, Pak? Karena kami sangat rindu belajar di sekolah,Pak,” kata Ayu.

Ayu merupakan salah satu siswi yang mengikuti program vaksinasi bagi pelajar yang digelar di 14 provinsi di Tanah Air pada Rabu kemarin. Menjawab pertanyaan Ayu, Jokowi menjelaskan sebelumnya pemerintah memang memiliki rencana untuk membuka sekolah tatap muka secara terbatas padabulan Juli 2021 ini.

Namun, jumlah kasus Covid-19 yang meningkat dalam beberapa waktu terakhir, membuat pemerintah menunda rencana tersebut. “Memang saya mendengar anak-anak sudah ingin kembali sekolah tatap muka lagi. Pengin ketemu teman-temannya, pengin belajar kelompok, pengin ketemu guru-gurunya. Semuanya punya keinginan seperti itu,” ujar Jokowi.

Ia menjelaskan dirinya merindukan sekolah tatap muka, karena pemahaman bahan ajar yang didapatkanlebih lengkap saat berinterak-si langsung di sekolah. “Kayak presentasi kalau online itu terkadang gangguan jaringan Pak. Ketika guru menjelaskan tiba-tiba putus-putus. Jadi tidak nangkap.Terima kasih Pak,” terang Ayu.

Jokowi memyatakan jika nanti kasus Covid-19 telah mereda, akan ada opsi untuk membuka kembali pembelajaran tatap muka di seluruh se- kolah di Tanah Air. Untuk saat ini, Jokowi meminta para sis-wa tetap semangat belajar secara daring.

Sebelumnya, Pengamat Pendidikan yang juga Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM), Abdul Saman, menilai, secara pribadi pembelajaran tatap muka memang harus dilaksanakan.

Komentar

VIDEO TERKINI