Suardi Saleh Jadi Panelis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik “Wisata Posyandu”

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Bupati Barru, Suardi Saleh, menyampaikan materi Inovasi Wisata Posyandu melalui virtual di Gedung Barru Smart Centre (Basic) Kantor Bupati 15/7/2021

Bupati Barru memaparkan materi tentang Inovasi Wisata Posyandu yang pelayanannya terintegrasi yang memadukan pelayanan kesehatan (Healt Service) dan hiburan (Entertaiment).

Inovasi ini di apresiasi oleh Tim Panel Independen melalui virtual diantaranya, JB. Kristiadi (Wakil Komisaris Utama Independen), Prof. Dr. Siti Zuhro, M.A, (Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI), Tulus Abadi (YLKI), Indah Sukmaningsi, Eko Prasojo, Harris Turino.

Inovasi Wisata Posyandu ini dikembangkan di Desa Tompo oleh Puskesmas Palakka Kecamatan Barru.

"Inovasi ini diluar dari biasanya karena dipadukan antara pelayanan kesehatan dan hiburan," jelas Bupati.

Lebih lanjut diuraikan, inovasi ini diantaranya model timbangan didesain seperti mobil-mobilan, metode penyuluhan memakai boneka anak-anak, hiburannya dibuat khusus yang membuat anak betah bermain.

Lanjut Bupati Barru menyampaikan inovasi ini membuat masyarakat merasa nyaman untuk datang ke Posyandu.

Inovasi ini mudah direplikasi, biaya murah, alat dan bahan mudah didapat, tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menjalankannya, inovasi ini telah direplikasi oleh semua Puskesmas di Kabupaten Barru bahkan kabupaten tetangga seperti Pangkep dan Soppeng telah mereplikasi inovasi ini.

Ditambahkan, dari adanya inovasi ini, trend peningkatan kunjungan naik cukup signifikan. Di mana sebelum adanya inovasi jumlah kunjungan hanya berkisar 55 persen pda tahun 2015 sedangkan data tahun 2020 meningkat menjadi 93.4 persen.

  • Bagikan