Menghindari Kecanduan Internet pada Anak

Sabtu, 17 Juli 2021 15:17

Sebagai pemateri ketiga, Ilham Wasi membawakan tema “Mengelola Budaya Digital yang produktif.

Ia memaparkan bahwa terdapat langkah-langkah awal membuat konten di internet yang bermanfaat, di antaranya merencanakan, menentukan target/produksi konten, memastikan bahwa konten yang diproduksi menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami dan menghindari diksi yang bersifat provokatif.

Adapun M Ridwan Alimuddin selaku pemateri terakhir membawakan tema “Anak Saya nge-Net, Apa yang Saya Lakukan?”. Ridwan menghimbau para orang tua agar rutin mengajak anak ke kegiatan alam terbuka atau melakukan banyak kegiatan tanpa telepon seluler untuk mengurangi risiko kecanduan internet pada anak. Menurutnya, akses internet tetap bisa diberikan ke anak dengan syarat harus tetap dipantau oleh orangtua.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Terlihat antusiasme dari para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber. Panitia memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi sepuluh penanya terpilih.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Salah satu pertanyaan menarik datang dari peserta yang bernama Maira yang menanyakan apakah ada mesin pencari buatan Indonesia. Menurut Anshar, dirinya belum terlalu mengetahui mesin pencari buatan Indonesia karena ia kerap menggunakan mesin pencari dengan akses paling besar.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI