Pesan Nomor Plat Cantik di Polda, Tak Usah Pakai Calo

Sabtu, 17 Juli 2021 14:33

Kasi BPKB Polda Sulsel, Kompol Mamat Rahmat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Sejak pemberlakuan Electronic, Registration Identification, pemesanan nomor plat cantik kendaraan di Polda Sulsel kini semakin cepat. Pengurusannya sampai selesai hanya hitungan jam.

“Ini yang perlu diketahui masyarakat karena masih banyak yang pakai jasa calo. Padahal urusannya tidak seribet dan selama yang diperkirakan,” kata Kasi BPKB Polda Sulsel, Kompol Mamat Rahmat, Sabtu (17/7/2021).

Asalkan seluruh berkas terpenuhi, diselesaikan pembayarannya dan nomor plat yang dipesan masih kosong, pemesan nomor plat cantik bisa langsung memilikinya. “Bawa surat-surat yang dibutuhkan, cek kendaraan, daftar nomor permintaan, kalau (nomor pilihannya) kosong, pasti dikasi. Sekarang lebih cepat terbit BPKB dari STNK. Bisa langsung punya,” tambahnya.

Kompol Mamat mengakui, animo masyarakat Sulsel untuk memiliki nomor plat cantik sangat tinggi. Bahkan tertinggi di lndonesia di luar Jawa. Kebanyakan pemesan plat bernomor pilihan ini berasal dari daerah.

“Pinrang dan Sidrap itu paling banyak. Mobilnya belum keluar (dari dialer), mereka sudah pesan Nopil (nomor pilihan),” ujarnya.

Tingginya permintaan nomor plat cantik ini pun membawa dampak positif terhadap pemasukan negara. Memang, biaya pemesanan nomor plat pilihan ini lebih mahal dibandingkan nomor plat biasa.

Misalnya, tarif untuk nomor plat satu angka tanpa huruf sebesar Rp 20 juta. Namun itu hanya berlaku untuk kode daerah DP atau DW. Untuk plat DD tidak dibolehkan. Plat DD 1 – 99 tanpa huruf hanya dikhususkan untuk mobil dinas Pemerintah Provinsi Sulsel.

Namun di atas angka 100 tanpa huruf, itu boleh pesan nomor pilihan dengan tarif Rp 10 juta. Sedangkan tarif untuk empat nomor pilihan tanpa huruf sebesar Rp 7,5 juta.

Komentar

VIDEO TERKINI