PMI Krisis Darah, KKN Tematik Unhas Lakukan Aksi Donor

Minggu, 18 Juli 2021 18:46

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 106 Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan donor darah. Bertempat di Aula Kantor Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Minggu (18/07/2021).

Selain untuk pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini juga untuk memenuhi stok darah yang ada di PMI Kota Makassar yang saat ini sudah masuk tahap krisis.

“Jadi kegiatan kali ini sebenarnya merupakan program pemerintah juga yang diturunkan ke mahasiswa KKN,” ujar Koordinator Kegiatan Donor Darah, Gibran Rahmatul Idrus.

Gibran menyebut timnya menargetkan bisa meraup 80 kantong darah dari kegiatan ini. Sasarannya yakni peserta KKN, dosen, dan masyarakat umum yang bertempat tinggal di Kecamatan Rappocini.

“Jadi ada 80 peserta, tapi mendaftar yang mendaftar di Google Form itu ada sekitar 35 di luar daripada yang mendaftar secara langsung,” sambung Mahasiswa Fakultas Hukum ini.

Sementara itu, Dosen Pembimbing, Irwan Ade Saputra berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa. Sekaligus juga menambah stok kantong darah untuk PMI Makassar.

“Harapan kami membantu PMI dalam ketersediaan stok darah sehingga inilah sumbangsih teman-teman mahasiswa KKN terhadap PMI dalam bidang kemanusiaan,” ujar Irwan.

Terakhir, Wakil Ketua UTD PMI Kota Makassar, Khudri Arsyad turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Dengan begitu, pihaknya kini punya tambahan stok kantong darah di tengah krisis yang melanda karena pandemi Covid-19.

Apalagi saat ini stok darah di PMI Kota Makassar sudah memasuki tahap krisis. Saat ini stok yang ada tinggal 400an. Itu hanya cukup untuk 2-3 hari saja.

“Alhamdulillah kami sangat merasa terbantu karena di samping dalam situasi pandemi sekarang ini, satu sisi sangat membantu untuk ketersediaan stok darah,” jelasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI