Direktur PTVP Perkenalkan MBKM kepada Mahasiswa Baru Politani Pangkep

Senin, 26 Juli 2021 19:00

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Dr. Beny Bandanadjaja, ST., MT yang merupakan Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (PTVP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memperkenalkan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka atau yang biasa disingkat MBKM kepada mahasiswa baru Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan Tahun Akademik 2021/2022 dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom pada Rabu, 21 Juli 2021.

Kehadiran Direktur PTVP dalam kegiatan tersebut, menjadi salah satu hal yang spesial karena pada kesempatan tersebut ia tidak hanya menyapa mahasiswa baru melainkan juga memperkenalkan program MBKM.

MBKM merupakan salah satu program yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Adapun makna merdeka belajar menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A adalah memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai.

Direktur PTVP juga menambahkan bahwa merdeka belajar bagi mahasiswa adalah memiliki hak atau kebebasan belajar selama 3 semester di luar Program Studi (Prodi) yang diatur dalam Permendikbud No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

“Merdeka belajar adalah hak mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran di luar program studinya maksimal tiga semester yang dibagi menjadi dua, satu semester di luar prodi di dalam kampus dan dua semester di luar kampus,” ujarnya.

Komentar

VIDEO TERKINI