Melawan Kabar Bohong dengan Literasi Digital

Senin, 26 Juli 2021 09:47

Sebagai pemateri ketiga, Anita Rezki membawakan tema tentang “Bersama Lawan Kabar Bohong”. Ia memulai sesinya dengan memaparkan beberapa contoh dari berita bohong yang tengah beredar saat ini.

Pemaparan dilanjutkan oleh Anita dengan membahas dampak yang diakibatkannya. Agar terhindar dari hoaks, ia membagikan cara untuk menangkalnya yaitu dengan mengenali ciri-ciri dari berita bohong tersebut. Pada akhir sesi, Anita tidak lupa membagikan pula tips agar tidak terpapar oleh berita bohong.

Adapun La Ode Surazal Qalbi, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema mengenai “Bersama Lawan Kabar Bohong”. “Jejak digital akan terus melekat dan dapat digunakan untuk merugikan atau mengancam kita. Oleh sebab itu, maka kita harus melindungi aset-aset digital di ruang internet”, ujar Ode. Selanjutnya, Ode memaparkan tips agar aman berinternet.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Terlihat antusiasme dari para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber. Panitia memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi 10 penanya terpilih.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Sementara itu, salah satu peserta, Gunawan, bertanya apabila ada media besar yang menyebarkan berita bohong, apakah kita dapat melaporkan dan mempertanyakan kredibilitasnya.

Menurut Faisal, kita dapat melaporkannya kepada dewan pers apabila telah terbukti berita tersebut adalah hoaks sehingga dewan pers dapat menentukan langkah selanjutnya untuk menindaklanjutinya.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar

VIDEO TERKINI