PKM di Pangkep, FKM UMI Fokus pada Kesehatan Kelompok Wanita Nelayan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- FKM UMI melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat di Wilayah Pesisir Maccini Baji Pangkep, Ahad (26/07/2021).

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Perikanan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali mendapat kepercayaan dari Direktorat Sumber Daya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di wilayah Pesisir Maccini Baji Pangkep, Ahad (25/07/2021).

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan tri darma Perguruan Tinggi dengan tujuan Meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja kelompok wanita nelayan serta diversifikasi produk olahan ikan.

Dr. Yusriani, SKM., M.Kes selaku ketua tim pengabdi dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan PKM mendapatkan bantuan pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan dan target khusus yang ingin dicapai adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan tentang pentingnya hygiene personal, manfaat penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dan cara penggunaan APD yang benar, pola pencarian pengobatan dan perawatan penyakit kulit sehingga stigma masyarakat tentang bahaya penyakit kulit dapat lebih ditingkatkan, cara pengolahan ikan yang tidak terjual di pasaran menjadi sempol ikan yang dapat menciptakan peluang usaha dari produknya tersebut.

Sempol Ikan ini merupakan sebuah inovasi baru yang unik dan langka. Selain itu bahan dasar pembuatannya mudah didapatkan, dan menghasilkan produk yang memilki kandungan gizi yang baik, juga memliki nilai jual.

  • Bagikan