Pemkot Makassar Bakal Bagikan 20 Paket Bansos Tiap RT

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Kota Makassar akan segera menyalurkan bantuan bantuan sosial (bansos) ke masyarakat yang terdampak Covid 19. Total 100 ribu paket bansos telah disiapkan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, masing masing Rukun Tetangga (RT) akan mendapatkan 20 Paket bansos dari total 5000 RT yang ada di Makassar.

Danny menjelaskan, 20 Paket bansos tiap RT akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid 19, di luar dari mereka yang sudah mendapat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari pemerintah pusat.

"Sesuai instruksi Mendagri tentang tentang bansos, kita akan bagikan ke 20 KK per RT sebelumnya dibagi harus by name by address. PKH atau penerima manfaat sebelumnya tidak bisa menerima supaya tidak dobel,"ucapnya, Selasa (27/7/2021).

Untuk memastikan bantuan tepat sasaran, Danny meminta kepada SKPD untuk melakukan verifikasi ganda selain keterlibatan camat dan lurah. Sebab, bansos rawan untuk disalahgunakan.

"Saya mewajibkan seluruh SKPD per kelurahan untuk verifikator data, RT RW lurah ke camat, lapis kedua adalah SKPD, karena kita ingin serentak dan cepat,"tegasnya.

Danny ingin data penerima bansos ini bisa segera dimasukkan ke Diskominfo. Sehingga penyalurannya bisa segera dilakukan. Apalagi pemerintah pusat telah mewanti-wanti agar bansos disalurkan paling lambat 31 Juli 2021.

"Keterlibatan lurah RT dengan bantuan TNI Polri, kalau perlu pendataan sehari atau dua selesai kenapa tidak," terang Danny.

Sementara Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menekankan agar penerima bansos ini adalah mereka yang betul betul berhak. Sehingga data yang dimasukkan harus akurat.

  • Bagikan