Manfaatkan Lokapasar untuk Meningkatkan Kesejahteraan

  • Bagikan

Sebagai pemateri ketiga, Wire Bagye membawakan tema “Pemanfaatan Perangkat dan Layanan Digital dalam Menunjang Produktivitas”. Menurut dia, kemudahan teknologi dan pandemi turut memicu gaya hidup konsumtif. “Jangan hanya jadi penonton atau pembeli, jadilah produktif dengan memanfaatkan aplikasi dan perangkat yang dimiliki. Misalnya menjadi dropshipper, reseller, atau berjualan di lokapasar,” ujarnya.

Adapun sebagai pemateri terakhir, Anwar Fattah, menyampaikan tema “Perlindungan Hak Cipta di Ranah Digital”. Ia memaparkan tentang definisi hak cipta, bentuk-bentuk hak cipta, dan cara mendaftarkan hak cipta. “Tindakan yang dapat dilakukan pemegang hak cipta dalam melindungi karya ciptaan, diantaranya mendaftarkan hak cipta di hakcipta.dgip.go.id, kemudian ada LMKN untuk mengumpulkan royalti dari lagu yang diputar di kafe-kafe,” terangnya.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Salah seorang peserta, Toni Sulaiman, bertanya tentang bagaimana menggapai pelanggan di luar Pulau Jawa terkait ongkos kirim yang mahal. “Benar sekali. Salah satu problem e-dagang kita adalah sistem logistik yang tergolong mahal. Tetapi, beberapa pakar e-dagang menyatakan bahwa semakin ke sini biaya logistik akan semakin murah seiring gencarnya pemerintah membangun infrastruktur. Kalau infrastruktur logistik bertemu dengan infrastruktur internet, semua akan lebih mudah,” terang Irwan.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

  • Bagikan